Saturday, September 29, 2012

Muraqabah

Muraqabah adalah sumber kekuatan seorang muslim dalam menghadapi kemaksiatan, baik dikala sendiri maupun ditengah keramaian. Jika terlintas dalam pikirannya untuk melakukan maksiat maka dia akan segera ingat kepada Allah SWT bahwa Dia mengawasi dirinya. karena dia percaya dengan firman-Nya.

 QS. Al-Hadid:4
Artinya : Dan Dian bersama kamu dimanapun kamu berada dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat.
QS. An-Nisa: 1
Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.

Ibnu Katsir rahimallah berkata: "Makna ayat ini adalah bahwasannya Allah SWT Maha Mengawasi dan Menyaksikan semua perbuatan, apa saja, kapan saja, dan dimana saja kamu melakukannya. Didaratan atau dilautan, pada waktu siang dan malam hari. Dirumah tempat tinggalmu maupun tempat umum dan terbuka. Segala sesuatu ada dalam ilmu-Nya, semua dalam penglihatan-Nya, dan pendengaran-Nya. Dia mendengar apa yang kamu ucapkan dan melihat apa yang kamu lakukan. Dia mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan apa yang kamu tampakkan.


Makna Muraqabah:
  • Imam Ahmad menuturkan "Jika suatu hari engkau sedang sepi dalam kesendirian, maka janganlah engkau mengatakan 'aku sedang sendirian', tapi katakanlah 'aku sedang diawasi Dzat Yang Maha Mengawasi'. Janganlah sekali-kali engkau mengira bahwa Allah SWT dapat saja lengah sesaat dan janganlah pula sekali-kali mengira bahwa apa yang kamu sembunyikan itu tersembunyi bagi Allah.
  • Al-Harits Al-Muhasibi berkata: "Muraqabah adalah pengetahuan hati tentang kedekatan Allah".
  • Ibnu Qayyim mengutip dari beberapa ulama terkait dengan makna muraqabah, ada yang mengatakan "Raja' (berharap rahmat Allah) akan menggerekkan dirimu pada ketaatan. Rasa takut (khauf) akan menjauhkan dirimu pada kemaksiatan dan muraqabah akan mengantarkan dirimu pada jalan benar.

sumber----catatan kajian.

1 comment:

  1. Assalamu'alaikum Wr. Wb...

    Subhanallah... postingan yang penuh hikmah, mengingatkan kita akan jalan yang benar...

    ReplyDelete